Sabtu, 06 Maret 2010

TIPS & TRICK KOMPUTER

Melindungi komputer dari lonjakan tegangan


Seringnya fluktuasi tegangan PLN dapat mengakibatkan kerusakan pada perangkat elektronik, termasuk komputer. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut,tegangan listrik yang digunakan harus setabil. Alat yang digunakan untuk menstabilkan tegangan disebut dengan stabilizer/stavolt. Ada 2 jenis stabilizer yaitu stabilizer yang hanya bisa menstabilkan tegangan dan stabilizer yang dapat menstabilkan sekaligus menyimpan tegangan listrik atau yang lebih di kenal dengan UPS (uninterruptible power supply). Nah, dengan menggunakan UPS saat listrik padam komputer tidak ikut mati karena UPS masih menyuplai tegangan ke komputer. Oleh karena itu, anda tetap bisa mematikan komputer sesuai prosedur yang benar.



Meningkatkan keamanan PC

Salah satu cara untuk mengamankan PC adalah dengan menggunakan password BIOS. Password BIOS digunakan sebelum anda menjalankan sistem operasi komputer. Mengapa?
Karena pada BIOS terdapat fasilitas untuk meng-enable dan men-disable beberapa sumber daya kompuetr kita. Dan berikut ini langkah-langkah yang ditempuh:
a. ketika komputer anda sedang booting pada layar akan muncul kata “press del to enter setup”
b. segera tekan tombol DEL sehingga akan muncul tampilan menu BIOS
c. pilih option set user password, kemudian tekan enter sehingga tampil kotak enter password.
d. ketik password yang anda pilih, kemudian tekan enter.
e. pilih save dan exit setup.


KOMPUTER TERCEPAT


tahukah anda komputer tercepat didunia? Ternyata bukan BlueGene/L milik IBM, melainkan komputer MDGrape-3 milik RIKEN. Lembaga riset pemerintah jepang yang digunakan untuk riset medis. MDGrape tidak pernah disebut-sebut sebagai komputer tercepat karena sistemnya sangat khusus sehingga program yang biasa dipakai menguji kecepatan tidak bisa dijalankan di indonesia, berbeda dengan BlueGene, yang mudah memproses program tersebut.

MDGrape-3 dirancang untuk membuat simulasi dinamika molekuler. Saat membuat obat baru perusahaan farmasi menyewa MDGrape-3 untuk menghitung bagaimana tubuh bereaksi terhadap zat kimia tertentu. Perhitungan reaksi-reaksi ini dengan menggunakan komputer konvensional membutuhkan waktu beberapa hari, sedangkan dengan menggunakan MDGrape-3 hanya cukup beberapa detik. MDGrape-3 pada dasarnya adalah kumpulan 201 komputer yang masing-masing bekerja dengan 24 keping mikrokomputer buatan Riken yang dibuat khusus untuk perhitungan molekuler. Ratusan komputer tersebut dikoordinasi ratusan server. Riken berdiri pada tahun 1917 sebagai lembaga riset swasta, namun sejak tahun 2003 lembaga tersebut berada dibawah kementrian pendidikan, budaya, olahraga, ilmu, dan teknologi. Sejumlah bidang penelitian dijalankan lembaga ini mulai fisika, kimia, medis, biologi, sampai rekayasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar